Jumat, 29 Mei 2015

UNIT MOBILE X-RAY




                                                                        oleh:  Rhyni
AKADEMI TEKNIK RADIODIAGNOSTIK DAN RADIOTERAPI (ATRO) MUHAMMADIYAH MAKASSAR


UNIT MOBILE TERGANTUNG PADA PASOKAN LISTRIK
Sebagaimana telah kita lihat, paparan radiografi diagnostik menggunakan banyak tenaga untuk waktu yang sangat singkat. Kebutuhan untuk instalasi khusus sehingga untuk penggunaan perangkat mobile ini dalam jumlah besar daya dapat diperoleh dari soket dinding telah disebutkan. Instalasi kabel khusus yang mahal. Mereka harus memperpanjang kabel di seluruh rumah sakit untuk semua daerah di mana perangkat mobile bertenaga tinggi digunakan yaitu di bangsal, ruang operasi dan unit perawatan intensif. Biayanya dapat berjumlah beberapa ribu pound.
Mereka yang bertanggung jawab untuk perencanaan rumah sakit harus mempertimbangkan ekonomi instalasi tersebut dan mereka dapat melihat tidak baik biaya uang ketika diatur terhadap fakta bahwa jika semua interval paparan diagnostik yang digunakan dalam satu tahun dari soket dinding ini ditambahkan bersama-sama, bahkan di rumah sakit ramai mereka akan menambahkan hingga total periode waktu yang sangat kecil memang relatif terhadap dua belas bulan-beberapa menit saja. Dengan demikian perencana melihat sejumlah besar uang yang dihabiskan untuk sesuatu yang sebenarnya hanya beberapa menit kegunaannya dalam satu tahun.
Sebuah metode pertemuan kesulitan terletak pada pengembangan peralatan X-ray mobile yang tidak bergantung pada pasokan listrik. Set X-ray tersebut telah diberi nama unit penyimpanan energi karena tabung X-ray menggunakan untuk energi listrik paparan yang telah disimpan dalam satu atau lain cara. Ada dua metode yang berbeda yang telah digunakan untuk menerapkan penyimpanan energi untuk peralatan X-ray. Dalam satu tabung X-ray memperoleh energi dari pembuangan kapasitor. Dan yang lainnya tabung X-ray memperoleh energi dari baterai listrik.
ALAT KAPASITOR DISCHAGER
Dalam peralatan kapasitor-discharge listrik dari pasokan listrik yang digunakan untuk mengisi kapasitor sampai tegangan tinggi- sebut saja 100 kV . Dengan paparan sinar-X dibuat, kapasitor pembuangan listrik yang disimpan melalui tabung X-ray, sehingga memberikan kekuatan untuk mengekspos.
Prinsip kapasitor-discharge yang digunakan dalam peralatan ini dapat disamakan dengan proses menggunakan tap (yaitu, pasokan listrik) untuk mengisi tangki dengan air (yaitu, menempatkan muatan pada kapasitor). Setelah tangki penuh (kapasitor terisi), energi yang tersimpan dapat dimanfaatkan. jika keran di bagian bawah tangki dibuka air dapat mengalir keluar dalam aliran yang kuat; sama kapasitor dapat discharge melalui tabung X-ray, memasok listrik ke paparan sinar-X. Jenis unit mobile ini dapat digunakan dari setiap stopkontak standar dan beberapa dari mereka yang sepenuhnya independen dari pasokan listrik, menggunakan sumber listrik d.c. 24 volt seperti baterai mobil atau generator portabel kecil didukung oleh minyak diesel.
Metode ini telah digunakan terbatas di masa lalu untuk radiografi umum karena kapasitor untuk memberikan kekuatan untuk mengekspos berat harus memiliki kapasitas yang cukup dan ukuran dan fleksibilitas yang cukup juga karena kontrol peralatan belum diberikan dalam teknik. Namun, beberapa unit kapasitor-discharge modern tersedia yang telah diketahui digunakan oleh radiografer dan memberikan hasil radiografi yang sangat baik dan memuaskan. Untuk menunjukkan kapasitas yang diperlukan, unit baru memiliki kapasitor dengan kapasitas sekitar 1,0 microfarad. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang kapasitor antara paparan sekitar 12 detik.
Rentang exposure tersedia dari beberapa unit kapasitor-discharge modern 2 sampai 30 mAs terus menerus disesuaikan dalam satu unit dan 2 sampai 50 mAs di 24 langkah di lain; rentang kilovoltage yang 50 hingga 100 kV untuk unit pertama dan 40-125 kV untuk yang kedua. Sistem pengisian untuk kedua otomatis dan unit mewujudkan biaya pembukuan dan rangkaian biaya-pengulangan. Kedua unit memiliki jaringan yang dikendalikan anoda berputar tabung X-ray.
Sebuah fitur menarik dari kedua unit ini adalah bahwa ruang dan bobot disimpan oleh adanya transformator tegangan tinggi. Tegangan tinggi untuk tabung X-ray disediakan melalui susunan rectifier solid-state dan kapasitor di rangkaian yang memungkinkan kapasitor berfungsi baik untuk menyimpan energi dan untuk mengalikan tegangan.
Dalam setiap perangkat mobile kapasitor-discharge pentingnya kapasitas adalah bahwa hasil kapasitas yang memiliki perubahan lebih besar untuk tegangan yang diberikan dan mengubah lebih besar milliampere detik untuk paparan sinar-X. Satu unit kapasitor-discharge baru dengan kapasitas 1 microfarad menyediakan milliampere kedua kisaran dari 0,4 sampai 50 mAs, yang kilovoltagenya mulai 30-125 kV. Unit lain dari produsen yang sama memiliki kapasitas 0,5 microfarad dan dalam hal ini milliampere kedua kisaran dari 1,0 sampai 25 mAs, yang kilovoltagenya tersedia dari 30 sampai 80 kV.
BATERAI-POWERED EQUIPMENT MOBILE
Pada bagian awal bab ini kita telah dijelaskan set mobile bertenaga tinggi yang menggunakan baterai untuk memperoleh tenaga listrik untuk menggerakkan itu dari satu tempat ke tempat lain, sehingga menghemat energi fisik seseorang dalam mendorong. Set mobile ini menggunakan listrik dari listrik untuk paparan sinar-X. Hal ini harus dibedakan dari induk-independen peralatan mobile yang menggunakan baterai sebagai sumber energi untuk paparan sinar-X dan bukan untuk penggerak.
Mobile unit satu induk-independen bertenaga baterai menggunakan dua baterai mobil 12 volt sebagai sumber tenaga listrik. Baterai ini memberikan 24 volt DC pasokan yang mengoperasikan konverter rotasi kecil. bagian dari peralatan ini mengubah 24 volt d.c. untuk a.c. polyphase yang diumpankan ke triple autotransformer dan karenanya untuk kembar tiga fase tegangan tinggi transformator. kemudian a.c. diperbaiki pasokan enam fase (12 pulsa).
Unit lain listrik independen mobile memiliki untuk baterai nikel tiga unit sel kadmium yang masing-masing memberikan 40 volt. Inverter solid-state digunakan untuk chage d.c.  untuk a.c. yang diumpankan ke sebuah transformator tegangan tinggi lewat kilovoltage melalui kontrol kilovoltage. keluaran dari trafo tegangan tinggi kemudian diterapkan pada tabung X-ray melalui rectifier solid-state.
Paket baterai listrik independen mobile  X-ray set tentu saja diisi ulang melalui charger yang dapat dibangun ke dalam unit. Produsen satu set mobile seperti telah mengklaim bahwa 500 'rata-rata' paparan dapat dibuat tanpa pengisian ulang baterai. Pengisi daya dapat dioperasikan dari pasokan 5 ampere.

PERALATAN X-RAY UNTUK RUANGAN OPERASI
Ketika peralatan X-ray digunakan dalam ruangan operasi, ada tiga bahaya penting yang harus dipertimbangkan. Yaitu sebagai berikut.
(i)                 Risiko infeksi dapat memenuhi ruangan operasi oleh peralatan yang dapat secara luas digunakan di seluruh rumah sakit dan tidak dapat disterilkan secara efisien.
(ii)               Risiko ledakan di mana peralatan listrik yang dapat menghasilkan percikan digunakan dalam suasana yang mungkin meledak karena gas anestesi. Risiko ini menurun karena gas anestesi yang mudah terbakar atau meningkatkan pengapian yang  sering digunakan.
(iii)             Risiko radiasi untuk semua orang di ruangan operasi.
Dalam rangka untuk membantu masalah infeksi dan risiko ledakan, produsen telah memberikan perhatian mereka ke fitur desain yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko. Risiko infeksi dapat sangat berkurang jika ada selimut pelindung atas bagian dari peralatan ini di mana debu bisa lebih banyak dan yang mungkin akan sulit atau tidak mungkin untuk dihilangkan dengan antiseptik sebagai ukuran sterilisasi. Ini akan dicatat, misalnya, bahwa unit yang ditunjukkan pada Fig.9.6 memiliki fiberglass halus mencakup pada baterai dan tangki transformator tegangan tinggi, dan bahwa panel kontrol ditutup lebih dengan tutup berengsel. Unit lain memiliki fitur serupa untuk mengurangi kemampuan mengumpulkan debu dan membuatnya lebih  mudah dibersihkan. Unit tersebut, bagaimanapun, tidak cocok untuk digunakan dengan gas anestesi yang mudah terbakar kecuali langkah-langkah khusus untuk menghindari percikan telah dilakukan dalam rancangannya.
Kabel tegangan tinggi modern memiliki selubung plastik halus dan ini dapat dibersihkan dengan cairan antiseptik. Penutup tua yang terbuat dari jalinan kapas  yang terkena debu juga tidak bisa dibersihkan. Kabel yang membawa pasokan stator ke tabung X-ray anoda putar juga memiliki selubung plastik halus.
Bagian-bagian dari serangkaian X-ray yang dapat menimbulkan percikan api adalah bagian kontrol di mana kontak sedang dibuka dan ditutup melalui relay dan switch. Jadi risiko ledakan dapat dikurangi jika unit kontrol set X-ray tidak di ruang operasi sama sekali. Hal ini dilakukan dalam beberapa peralatan mobile untuk digunakan ruang operasi yang terbagi menjadi dua bagian. Bagian untuk digunakan dalam ruang operasi terdiri dari generator tegangan tinggi dan tubestand dipasang pada basis roda (Gambar 9.9). Ada penutup fiberglass di kaki tubestand dan generator tegangan tinggi yang menyangkut dalam 1,25 cm (0,5 inci) dari lantai. Oleh karena itu mudah untuk menghapus bawah dengan agen sterilisasi, dan fakta bahwa peralatan yang digunakan hanya di teater dan bukan untuk bekerja di bangsal rumah sakit itu sendiri membantu dalam mengurangi risiko infeksi. Bagian kontrol (Gambar 9.10) juga pada dasar roda dan dimaksudkan untuk ditempatkan di ruang ante luar teater. Hal ini juga dapat mengontrol sejumlah unit tabung terpisah yang digunakan di berbagai teater di blok yang sama.



Pemisahan unit kontrol dapat dicapai juga dengan menempatkan ke dalam peralatan ruang operasi yang tidak bergerak seperti istilah yang telah kita artikan. Dalam ruang operasi tubestand mungkin instalasi permanen, unit kontrol berada di sebuah situs tetap di ruang ante dan mungkin disediakan lebih dari satu tabung X-ray di lebih dari satu ruang operasi. Di mana unit kontrol (mobile atau tidak) digunakan di luar ruang operasi, untuk penggunaan yang efisien perlu memiliki tim dua radiografer, bekerja satu di luar dan satu di dalam ruang operasi dengan sistem saling berkomunikasi.
Terlepas dari peralatan X-ray, risiko ledakan bisa sering terjadi di ruang operasi melalui listrik statis. Listrik statis adalah muatan listrik yang dihasilkan oleh gesekan diterapkan tubuh terisolasi. Gesekan ini hanya bisa begitu yang diberikan oleh bagian melalui udara dan potensi listrik yang tinggi dapat terbentuk. Dua objek yang telah memperoleh muatan dengan cara ini dapat membawa rapat dan muatan kemudian ditransfer dari objek pada potensial yang lebih tinggi dengan yang di potensial yang lebih rendah. Hal ini menciptakan percikan yang mungkin sangat kecil dan belum dapat cukup untuk menyebabkan ledakan dalam suasana yang mudah terbakar. Untuk membantu dengan masalah ini, beberapa peralatan X-ray dilengkapi dengan roda yang terbuat dari karet khusus. Hal ini untuk mencegah penumpukan muatan listrik statis pada unit mobile karena ada jalur konduksi kontinyu dari X-ray set ke lantai. Roda tersebut digunakan juga pada peralatan lainnya di ruang operasi.
Untuk mengurangi risiko radiasi, peralatan X-ray di ruang operasi harus digunakan dengan hati-hati dengan pembatasan balok. Cara yang paling memuaskan untuk melakukannya adalah dengan cara diafragma dapat disesuaikan dan digunakan bersama dengan ‘optical’ Viewer memberikan pemandangan langsung tentang apa itu X-ray tube ‘sees’. Hal ini mudah digunakan dalam ruang operasi menyala terang.  Viewer diberikan indikasi visual bidang tertutup dan dengan demikian membuat lebih mudah untuk menggunakan wilayah terkecil yang mungkin untuk radiasi. Viewer optik tidak memerlukan rangkaian listrik untuk menyediakan dengan cahaya sebagai bidang dilihat oleh iluminasi ruang operasi ; ini merekomendasikan dirinya sebagai ukuran keamanan di eliminasi dari sumber percikan api. Viewer dijelaskan pada Bab 8 (halaman 319).
Sebelum meninggalkan subjek peralatan X-ray di ruang operasi, ada aspek lain yang harus disebutkan dan itu adalah kebutuhan untuk menghemat waktu. Seorang pasien di ruang operasi adalah pasien berisiko dan semua yang berkaitan dengan perawatannya ingin mengirimkan dia untuk anestesi dan operasi terbuka dengan waktu singkat yang konsisten dengan pekerjaan yang efisien. Oleh karena itu radiografer harus menghasilkan hasil radiografi mereka secepat mungkin dan peralatan dirancang untuk memungkinkan mereka untuk melakukannya .Hal ini bukan dalam lingkup buku ini untuk mempertimbangkan sepenuhnya bagaimana cara cepat hasil radiografi dapat diperoleh dengan berbagai cara termasuk teknik pengolahan yang cepat. Namun, ada baiknya melihat aspek menghemat waktu dari beberapa peralatan X-ray.
THEATRE TWIN-HEAD UNITS
Satu unit mobil berkepala kembar  memiliki dua X-ray tube (konstruksi tangki) dipasang masing-masing pada lintas lengan sendiri pada kolom pendukung tunggal vertikal. Satu lintas lengan dan yang tubehead X-ray berada di atas yang lain, yang lebih rendah yang mampu bergerak naik dan turun kolom vertikal. Peralatan ini dirancang untuk digunakan pada acara-acara ketika kedua antero-posterior (atau postero-anterior) dan proyeksi lateral yang akan diambil-seperti selama penyisipan pin Smith-Petersen di collum femoralis. Tabung sinar-X paling atas berada di atas meja operasi untuk tampilan antero-posterior. Yang paling bawah dengan balok diarahkan horizontal diposisikan untuk tampilan lateral. Sebuah switch pada panel kontrol memilih tabung yang akan diberi energi, dan dua bagian bisa terkena berturut-turut tanpa waktu yang hilang dalam reposisi peralatan.
Dalam bentuk lain unit twin-headed tubehead kedua berdiri bebas. Hal ini dipasang pada kolom sendiri terpisah vertikal yang dilakukan atas dasar dilengkapi dengan roda castor; ada rem yang dapat diterapkan untuk terus dalam posisi di lantai setelah  dibentuk dalam kaitannya dengan meja operasi dan pasien. tubehead yang berdiri bebas  dihubungkan dengan kabel tegangan rendah ke unit kontrol set mobile bertenaga tinggi dalam hubungannya dengan yang digunakan. The tubehead unit mobile digunakan di atas meja untuk proyeksi antero-posterior dan tubehead berdiri bebas digunakan dengan balok diarahkan secara horizontal dari samping meja operasi untuk proyeksi lateral; kedua tabung dikendalikan dari panel kontrol yang sama dan masing-masing dapat dengan cepat dipilih untuk digunakan. Gambar. 9.11 menunjukkan tubehead yang  berdiri bebas dan fig.9.12 menunjukkan hal itu bersama meja X-ray, terkait dengan satu set mobile bertenaga tinggi di sisi lain meja.


UNIT MOBILE IMAGE INTENSIFIER
Salah satu cara untuk menghemat waktu dalam penggunaan kontrol X-ray selama prosedur pembedahan adalah untuk menggunakan unit mobile untuk fluoroskopi dengan image  intensifier.


Hal ini mengurangi seminimal mungkin jumlah radiografi yang akan diambil, dan dengan demikian dapat menghemat waktu tapi mungkin akan meningkatkan dosis radiasi. Waktu yang diperlukan oleh seorang ahli bedah di periksa prosedur nya dengan melihat gambar fluoroscopic pendek dibandingkan dengan yang diperlukan untuk menghasilkan rekor radiografi dengan metode bahkan cepat. Demi keselamatan radiologi, praktek fluoroskopi dalam situasi jauh dari instalasi departemen permanen tidak boleh dilakukan kecuali hal itu dapat dilakukan dengan unit khusus yang menggabungkan image intensifier dan dirancang untuk memungkinkan fluoroskopi untuk mobile dan relatif aman; tabung image intensifier memungkinkan untuk menggunakan arus tabung X-ray kurang dari 1 milliampere.
Selanjutnya dengan cara kerucut dan diafragma intern balok dengan hati-hati dan cermat terbatas pada ukuran lapangan kecil dari 13 cm intensifier tube. Hal ini penting untuk keselamatan radiasi.
Sebuah link televisi dapat ditambahkan ke peralatan sehingga gambar X-ray dapat dilihat pada satu atau lebih layar monitor oleh lebih dari satu yang digunakan pada prosedur tertentu.
Radiografer harus ingat bahwa jika mereka beroperasi fluoroscopic (atau memang lainnya) peralatan X-ray dengan tidak adanya seorang ahli radiologi, tanggung jawab untuk keselamatan radiasi dilakukan tak terelakkan oleh radiografer yang menggunakan peralatan ini. Ini diberikan kepada radiografer yang suara berwibawa yang tidak perlu ragu untuk berbicara dan berusaha untuk membuat dirinya diperhatikan jika perlu bahkan oleh ahli bedah yang paling senior, meskipun hal ini tidak selalu mudah ditebak. Jika dosis radiasi untuk pasien dan atau staf muncul terlalu tinggi, radiografer harus diberhentikan.          

{referensi : chapter 3}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar