Sabtu, 30 Mei 2015

Pesawat Sinar-X Konventional


       Pesawat Sinar-X konvensional adalah salah satu jenis pesawat Sinar-X yang digunakan untuk radiografi.Arti konvensional di sini, menunjukkan jenis pesawat dari pergerakannya, dimana pesawat konvensional pergerakannya terbatas pada stasionernya dan bedanya dgn pesawat mobile tidak dapat berpindah dari suatu ruangan keruangan lain.


                             
Perbandingan atau kemampuan pesawat sinar-X konventional yaitu :
ü  Fungsi
   Digunakan pada pasien yang bisa diajak kerja sama, dengan kata lain pasien bisa atau mampu di periksa di kamar pemeriksaan.
ü  Kapasitas
    Kapasitasnya tinggi sehingga dapat digunakan dalam berbagai variasi mA.
ü  Tingkat keawetan
    Lebih awet karena dapat digunakan dalam berbagai variasi mA yang membuat pesawat terpelihara keawetannya.
ü  Kenyamanan dalam digunakan radiographer
     Lebih nyaman karena lebih mudah digunakan.
ü  Penggunaan faktor eksposi
      Faktor eksposi yang digunakan tinggi, sehingga memungkinkan pemeriksaan pada seluruh bagian tubuh dan juga dapat dilakukan pemeriksaan menggunakan contrass media dan fluoroskopi.










B.     KOMPONEN PESAWAT ROENTGEN
1.RANGKAIAN PESAWAT RONTGEN
           Blok diagram Pesawat roentgen konvensional        
                        

              
                         Blok Rangkaian Power Supply
                                  

        Rangkaian ini berfungsi untuk mendistribusikan tegangan pada seluruh rangkaian pesawat sesuai yang dibutuhkan oleh masing-masing rangkaian. Rangkaian ini terdiri dari :
     1.      Saklar.
       Berfungsi untuk menghubungkan supply listik PLN dengan pesawat roentgen.
2.       Fuse / sekring
       Berfungsi sebagai pengaman.
3.       Voltage Compensator
Alat yang berfungsi untuk mengkompensasi nilai tegangan yang diperlukan pesawat jika terjadi penurunan atu kenaikan pada supply PLN Jika tegangan naik kita harus menambah jumlah lilitan primer dengan memutar selector voltage compensator dan begitun pun sebaliknya.
          4.      Auto Trafo
Alat untuk memindahkan daya listrik dari satu rangkaian ke rangkaian lain dengan cara menaikkan atau menurunkan tegangan keseluruh pesawat.
      5.      Voltage Indicator :
Untuk mengetahui apa tegangan PLN mengalami kenaikan atau penurunan.
6.      KVP selector Mayor
Untuk memilih tegangan tinggi / memilih besarnya beda potensial antara anoda dan katoda, yang besar selisih tiap terminal x 10 KV
7.     KVP selector Minor
Untuk memilih tegangan tinggi / memilih besarnya beda potensial antara anoda dan katoda, yang besar selisih tiap terminalnya 1 KV.

2.TABUNG X-RAY
        

Pada  tabung sinar-x terdapat dua kutub, yaitu anoda (+) dan katoda (-).Pada katoda, terdapat kawat filamen sebagai sumber elektron dan focusing cup untuk mengarahkan berkas elektron ke target.Pada Anoda, terdapat target tumbukan yang terbuat dari tungsten yang terhubung dengan motor (rotor+stator) agar anoda bisa berputar (untuk jenis rotating anode). Tabung dalam ini disebut “Insert Tube”.Kemudian tabung  dalam ini diselimuti tabung luar yang disebut “Tube Housing”.Pada Tube Housing terdapat jendela sebagai tempat keluarnya radiasi.Tabung sinar-X terdiri dari Tube Housing , Glass Envelope / Tube Insert , Minyak , Windows , Katoda , Anoda , Filter tabung sinar X , Diagfragma , Tabung Vakum , Kolimator , Tegangan Line , Line Voltage Compensator , Autotrafo ( Automatic Transformer ) , dan Transformator.

3. . High Tension Transformer (HTT)
       High Tension Transformer berfungsi untuk memberikan beda potensial pada tabung rontgen (Xray tube over table) high tension cable, high tension cable yang lain untuk memberi beda potensial antara anoda dan katoda pada Xray tube under table. Bagian bagian dari HTT yaitu transformator tegangan tinggi , Trafo Filamen , Penyearah , dan Oli.
4. Universal Patient Table
       Universal patient table atau disebut patient table saja adalah alat untuk tempat tidur pasien yang akan di foto rontgen atau meja pemeriksaan. Disebut universal karena dapat dipakai untuk membuat berbagai macam tindakan foto rontgen. Meja pemeriksaan ini dapat digerakkan dari 0 – 180 derajat sesuai kebutuhan. Patient table mempunyai 2 Bucky yaitu.
ü Bucky yang ada dibawah meja disebut Bucky Table
Digunakan pada saat membuat foto rontgen dengan menggunakan X-ray tube Overtable.
ü Bucky yang ada di Exploratory
Digunakan pada saat melakukan foto rontgen menggunakan X-ray tube Undertable.

C.Syarat-syarat terjadinya sinar-x pada tabung
        1. Sumber Elektron
        2. Gaya pemercepat elektron
        3. Ruang yang hampa udara
        4. Alat pemusat berkas elektron
        5. Benda penghenti gerakan elektron/target

D.Proses terjadinya sinar X
·         Didalam tabung roentgent ada katoda dan anoda , dan bila kawat filamen dipanaskan lebih dari 20.000 dearajat celcius sampai menyala dengan mengantarkan listrik dari transformator.
·         Karena panas yang ditimbulkan memberikan tegangan tinggi maka elekton-elekton dipercepat gerakannya menuju anoda (target)
·         Elektron-elektron mendadak dihentikan pada anoda sehingga membentuk panas 99% dan sinar X  1 %
·         Sinar X akan keluar dan diarahkan dari tabung melalui jendela yang disebut diagfragma
·         Panas yang ditimbulkan ditiadakan oleh radiator pendingin


by: http://www.scribd.com/doc/228391736/PESAWAT-RONTGEN-KONVENSIONAL#scribd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar